Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Wednesday, June 20, 2012

Fukubukuro atau bisa disebut juga kantong keberuntungan adalah sebuah kantong yang berisi kan berbagai barang yang dijual toko serba ada atau pusat perbelanjaan di Jepang pada hari pertama toko mulai dibuka setelah libur tahun baru.

Barang yang diisikan ke dalam fukubukuro biasanya berupa pakaian, tas, sepatu, atau makanan yang sedang populer pada saat itu. Total harga barang yang diisikan ke dalam kantong biasanya bernilai tiga kali lipat dari harga fukubukuro, tetapi ada juga yang harganya tidak jauh beda dengan fukubukuro.





Pembeli tidakdapat melihat barang yang ada di dalam kantong tersebut, akan tetapi tapi biasanya barang-barang yang dimasukkan ke dalam kantong selalu barang yang bagus dan juga menarik. Pihak toko juga biasanya tidak mengumumkan jumlah dan jenis barang dan seringkali barang dimasukkan secara acak ke dalam kantong agar terlihat lebih menarik dan lebih menyenangkan pada saat sang pembeli mendapatkan barang yang mereka sukai.

Pembeli sering beruntung bila kebetulan menyukai semua barang yang ada di dalam kantong, tapi sering juga merugi kalau barang tidak sesuai dengan selera mereka. Biasanya para pembeli mengajak anggota keluarga atau teman nya saat membeli fukubukuro, hal itu dikarenakan agar mereka bisa saling bertukar barang yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Sejarahnya, tradisi menjual barang dalam kantong keberuntungan ini sudah ada di Jepang sejak akhir zaman Meiji. Matsuya Department Store di Ginza,Tokyo mulai menjual fukubukuro sejak tahun 1907. Toko serba ada Matsuzakaya mengatakan pihaknya mulai menjual kantong keberuntungan yang disebut Takarabako atau juga disebut dengan kotak harta dengan harga 50 sen pada tahun 1911.

Sekarang hampir semua toko serba ada dan pusat perbelanjaan di Jepang menjual fukubukuro sebagai tradisi tahun baru. Pusat perbelanjaan Ikspiari di Tokyo Disney Resort terkenal dengan penjualan fukubukuro yang dimulai paling awal di seluruh Jepang, tepatnya tanggal 1 Januari setelah detik-detik pergantian tahun.


Isi kantong keberuntungan biasanya sudah direncanakan pihak pedagang hingga sejak enam bulan sebelum mereka menjualnya. Di toko serba ada, masing-masing bagian penjualan ( seperti dibagian pakaian wanita, pakaian pria, sepatu) sudah mempersiapkan fukubukuro dengan isi sesuai jenis barang yang mereka jual.

Fukubukuro di bagian pakaian wanita biasanya berisi berbagai macam baju,  namun ada juga fukubukuro yang berisi  tas, sarung tangan, syal, asesoris atau juga ikat pinggang yang menarik. Toko serba ada menggunakan fukubukuro sebagai sarana untuk promosi pada awal tahun agar pengunjung datang berbelanja pada obral awal tahun baru yang sering disebut hatsu-uri (penjualan pertama pada saat buka toko).

Menjelang akhir tahun, toko serba ada menggunakan acara televisi yang banyak ditonton wanita dan ibu rumah tangga untuk memberi kesempatan calon pembeli sedikit mengintip barang yang dimasukkan ke dalam kantong tersebut. Fukubukuro juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga fukubukoro yang dijual toko serba ada biasanyalebih cepat habis dibandingkan dengan toko toko yang lain.

Penggemar fukubukuro yang dijual toko serba ada yang terkenal biasanya harus mengantri sejak toko belum dibuka atau bahkan sejak dini hari. Pembeli hanya bisa mengadu keberuntungan dan membayangkan barang-barang yang disukainya ada di dalam kantong yang mereka akan beli . Para pembelibiasanya diuntungkan karena mereka bisa mendapatkan barang dengan potongan harga yang sangat besar. Sebaliknya, pihak toko yang nakal kadang-kadang bisa menggunakan kesempatan ini untuk menjual barang yang susah laku dan masih banyak tersisa di gudang.

Ada beberapa kantong keberuntungan yang isinya boleh diketahui oleh para pembeli, jika fukubukuro tersebut berisi barang-barang mewah seperti pakaian dengan merek terkenal, mantel bulu, perhiasan dan juga barang elektronik. Namun ada juga pembeli yang diperboleh kan memilih sendiri isi kantong dari beberapa pilihan barang yang disediakan.

Di toko-toko yang lebih kecil, kantong yang dijual biasanya berisikan aneka macam barang yang dibutuhkan pengunjung toko. Fukubukuro yang dijual pasar swalayan misalnya, sering berisi selimut, cangkir, poci, sendok/garpu dan juga teh.

Berikut adalah beberapa foto Fukubukuro:






Semoga info ini bermanfat untuk semuanya ^^


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -