Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Thursday, February 21, 2013

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui apa itu Seiyuu, dan mungkin juga ingin berprofesi menjadi sorang Seiyuu. Tapi apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Seiyuu?

Seiyu/Seiyuu adalah sebutab untuk pengisi suara Di Jepang. Pekerjaan Seiyuu bisa dibilang menyenagkan karena pekerjaan mereka adalah mengisi suara dari karakter anime, karakter dari video game, sandiwara radio, mengisi suara karakter dari film asing dan masih banyak lagi yang lainnya. Menjadi Seiyuu bukanlah pekerjaan yang mudah, karena seorang Seiyuu harus bisa memerankan berbagai macam karakter mulai dari pria, wanita, anak - anak, orang tua, hewan, bahkan juga mereka harus bisa menirukan suara dari tumbuhan dan mesin.

Sejarahnya Seiyuu pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1952, Seiyuu pertama adalah 12 siswa yang diterima untuk dilatih bermain sandiwara radio di radio NHK. Istilah Seiyuu dibuat oleh Tokusaburo Kobayashi, beliau adalah seorang wartawan surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan kantor pusat Yomiuri Shimbun. Pada tahun 1933 dibuat animasi bersuara pertama di Jepang dengan judul Chikara to Onna no yononaka. Setelah perang dunia kedua selesai, Toei Animation (studio animasi Jepang yang dimiliki oleh perusahaan Toei Company) mlai membuat animasi animasi bersuarang yang membutuhkan Seiyuu. Pada tahun 1960-an istilah Seiyuu belum begitu dikenal di Jepang, pada saat itu Seiyuu lebih dikenal dengan sebutan Fukikae Tarento yang artinya artis penyulih suara.

Sejak tahun 1970 dunia Seiyuu di Jepang mengalami masa keemasan kedua (masa keemasan pertama terjadi pada tahun 1960) bersamaan dengan masa keemasan anime. Pada tahun 1980 istilah Seiyuu mulai dikenal diluar Jepang. Sebelum banyak yang salah sangka dengan istilah Seiyuu, banyak yang mengira Seiyuu itu adalah pekerjaan di Toko Serba Ada (Seiyu).

Tahun 1990 merupakan tahun keemasan ketiga bagi dunia Seiyuu, hal inii terjadi karena adanya media seperti Internet, OVA, Pameran Game, Pameran Anime dan juga karena adanya aniraji (singkatan dari "anime radio", Siaran Radio yang dikhususkan untuk para penggemar anime). Pada tahun 1994 diterbitkanlah majalah pertama yg khusus membahas tentang Seiyuu dengan nama  Seiyuu Grand Prix dan juga Voice Animage.

Di Jepang, jia kita ingin menjadi seorang Seiyuu, setelah kita lulus SMA kita bisa melanjutkan kuliah dijurusan drama di Universitas atau senmon gakkoo (Sekolah Kejuruan). Menjadi seorang Seiyuu bukanlah hal yang mudah, karena biaya pendidikan untuk jurusan drama lumayan mahal. Selain itu kita juga harus bisa mengekspresikan karakter yang kita perankan agar apa yang kita katakan dan ekspresikan sesuai dengan ekspresi dari karakter yang kita perankan tersebut.

Biasanya, karakter pria sering diisi oleh Seiyuu wanita akan tetapi karakter wanita hampir tidak pernah diisi oleh Seiyuu pria, contoh karakter pria yang menggunakan Seiyuu wanita adalah Monkey D. Luffy dan Krillin yang diisi dengan suara Seiyuu yang bernama Mayumi Tanaka.

Ada 2 proses dalam dunia Seiyuu, pertama adalah proses pengisian suara anime yang disebut dengan afureko (after recording). Afureko adalah dialog yang direkam sambil melihat percakapan karakter di layar yang disediakan. Dan cara kedua adalah Proses sulih suara dari film luar Jepang yang disebut atereko(ateru recording, ). Seiyuu harus menyesuaikan dialog dengan cara mengikuti gerak bibir aktor di layar yang disediakan (pasti susah bgt.... ).

Selain mengisi suara karakter, Banyak juga Seiyuu yang menjadi penyanyi, hal ini disebabkan karena ada beberapa Seiyuu yang harus menyanyikan sendiri Ost dari anime ataupun film yang mereka mainkan. 

Berikut adalah beberapa foto Seiyuu dan juga karakter yang diperankannya :D

1. K-ON


2. Asuna (Tomatsu Haruka) - Sword Art Online





Semoga info ini bermanfaat ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -