Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Friday, July 27, 2012

Kita pasti ga asing dan sering mendengar kata kawaii, biasanya yang suka anime pasti udah ga asing lagi sama kata ini. Dulunya kawaii disebut dengan kata kawaisa akan tetapi diubah menjadi kawaii, meskipun begitu artinya tetaplah sama yaitu "keadaan yang imut/imut". Kawaii memiliki banyak arti, selain imut kawaii juga bisa berartikan manis, mungil, dan imut imut.

Sejarahnya kata kawaii sudah ada dalam Hikayat Genji oleh Murasaki Shikibu yang menyebutnya sebagai keadaan yang menimbulkan belas kasih. Di bawah kekuasaan keshogunan yang menerapkan ideologi neo-Konfusianisme, wanita masuk dalam kategori kawaii setelah terjadi perubahan persepsi dari wanita sebagai makhluk animalistik menjadi wanita sebagai makhluk patuh.


Kebangkitan keimutan dalam budaya Jepang terjadi pada tahun 1970-an sebagai bagian dari gaya menulis yang baru. Pada saat itu banyak gadis-gadis remaja yang menulis dengan pola mendatar menggunakan pensil mekanis. Pensil mekanis dapat menghasilkan tulisan tangan yang sangat halus, bertolak belakang dengan tulisan Jepang tradisional yang berbeda-beda dalam ketebalan dan ditulis vertikal dari atas ke bawah. Selain itu, anak-anak perempuan senang menulis dengan menggunakan karakter yang imut imut. Lalu mereka juga sering menambahkan gambar-gambar, simbol-simbol seperti gambar hati, bintang, wajah tersenyum, dan juga huruf-huruf dari alfabet Latin kedalam tulisan mereka.



Simbol-simbol tersebut disisipkan sehingga tulisan anak perempuan sangat sulit dibaca. Sebagai akibatnya, gaya menulis seperti ini menimbulkan banyak kontroversi dan dilarang di banyak sekolah-sekolah. Pada tahun 1980, gaya baru menulis "imut" seperti ini justru diadopsi oleh majalah dan manga dan juga dipakai pada kemasan produk dan iklan.

Sejak tahun 1984 - 1986, Kazuma Yamane  meneliti perkembangan tulisan imut. Ia menyebutnya sebagai Anomali Tulisan Tangan Remaja Perempuan. Tipe tulisan imut orang Jepang disebut dengan marui ji (tulisan bundar), koneko ji  (tulisan anak kucing), manga ji  (tulisan yang biasa digunakan dalam manga) dan juga burikko ji  yang berarti tulisan anak anak palsu (maksudnya kaya kekanak kanakan gitu). Orang dewasa mengira gaya tulisan tangan seperti ini ditiru anak perempuan dari sebuah manga. Akan tetapi menurut hasil dari penelitian, gaya menulis seperti ini diciptakan sendiri oleh remaja perempuan.

Selain mempengaruhi tulisan, kawaii  juga mempengaruhi trend berbusana beberapa remaja diJepang.  Banyak perusahaan-perusahaan yang mengetahui adanya trend benda benda imut, misalnya adalah Sanrio yang memproduksi barang-barang dagangan bertemakan Hello Kitty. Hello Kitty sangat cepat meraih kesuksesan, dan obsesi keimutan juga terus berlanjut ke dalam bidang-bidang lainnya. Musik pop Jepang juga menjadi ajang adu keimutan di antara para idola Jepang tahun 1980-an. Salah seorang di antara idola saat itu, Seiko Matsuda dipandang sebagai tokoh yang memopulerkan trend kawaii. Pada saat itu pula gadis gadis Jepang mulai menirukan Seiko Matsuda dengan gaya busananya yang imut


Pada awalnya target pemasaran barang-barang imut di Jepang adalah remaja remaa putri yang berusiakan antara 15 dan 18 tahun. Ada yang tau atau pernah melihat karakter Domo kun? biasanya karakter ini muncul dibeberapa anime jepang, karakter tersebut merupakan maskot imut dari stasiun tv NHK. 

Wanita Jepang yang sengaja bertingkah laku imut seperti meninggikan nada suaranya dan tertawa genit akan  mudah diketahui kalau dia sedang berpura-pura atau memalsukan keimutannya yang biasa disebut dengan burikko, tingkah laku ini termasuk dalam kawaii penampilan gender. Burikko yang berartikan berpura-pura menjadi anak kecil, berasal dari kata  furi (berpura-pura) dan ko  (anak) namun dibaca menjadi burikko. Istilah burikko adalah neologisme yang diciptakan pada tahun 1980-an oleh penyanyi Kuniko Yamada. Sebagian besar pria jepang menyukai perempuan jepang yang kawaii, oleh sebab itu banyak perempuan jepang yang berusaha agar dapat terlihat kawaii.


berikut adalah beberapa foto foto yang kawaii ^^






Semoga bermanfaat ^^

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -