Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Thursday, June 21, 2012

Miso shiru atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sup miso adalah masakan Jepang yang berupa sup dengan bahan dasar dashi (kaldu dasar untuk semua masakan Jepang) ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau juga berisikan sayur-sayuran, dan diberi miso ( bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam.) sebagai perasa. Sup miso biasa dinikmati dengan cara mengangkat mangkok sup dan meminum kuahnya, sedangkan isi sup dimakan menggunakan sumpit.

Sup miso merupakan masakan yang sangat sederhana dan sangat mudah untuk dibuat dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi (makanan awetan berbahan baku ikan cakalang), sedikit isi sup, dan juga miso. Walaupun sup miso merupakan masakan yang sederhana, rasa dari sup miso bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi dan juga keterampilan orang yang membuatnya.


Biasanya sup miso dimakan bersama dengan nasi putih untuk sarapan pagi. Sup miso biasanya dimakan di rumah  bersama dengan keluarga, walapun ada juga sup miso yang dihidangkan di kedai atau juga restoran tradisional Jepang. Sup miso instan adalah sup miso yang disajikan dalam kemasan yang cukup diseduh dengan air panas.

Kebudayaan Jepang menjadikan nasi atau juga berbagai jenis nasi dari berbagai macam padi-padian sebagai makanan pokok mereka, sup miso memiliki peran penting sebagai makanan pendamping yang paling utama. Biasanya, sejak jaman dahulu makanan utama sehari-hari orang Jepang disebut ichijuu issai, ichijuu issai adalah satu set berupa nasi dengan sup seperti sup miso dan juga satu jenis lauk.

Sejarahnya, sup miso sudah dikenal oleh orang orang Jepang sejak zaman Muromachi. Awalnya sup miso adalah sebuah makanan kampung yang biasa dinikmati oleh para petani, tapi kemudian menyebar ke berbagai lapisan masyarakat di seluruh Jepang dan akhirnya menjadi menu yang wajib disajikan.

Miso adalah sebuah bumbu masak yang aromanya mudah hilang jika lama dimasak dengan suhu yang tinggi, sehingga api harus segera dimatikan pada saat sup mulai menddidih. Sup miso mempunyai berbagai macam nama yang membedakan isi dari sup miso tersebut, misalnya Kenchin-jiru (sup miso dengan isi sayur-sayuran saja), Butajiru atau Tonjiru (sup miso yang berisi sayur-sayuran dan juga daging babi), Sampe-jiru (sup miso yang berisi ikan Salmon asin) dan masih banyak lagi jenis sup miso yang lainnya. Ada juga sup miso yang ditambahkan dengan nabe, akan tetapi masakan tersebut tidak dikatak sebagai sup miso.  Beberapa masyarakat Jepang sudah memiliki kebiasaan makan makanan yang rendah protein dan sup miso memiliki fungsi sebagai penambah nafsu makan, sumber protein, dan juga sebagai sumber garam.

Kaldu yang biasa disebut dengan dashi, bisa dibuat dari konbu (ganggang laut), ikan teri kering yang disebut niboshi dan katsuobushi. Cara membuat kaldu untuk sup pun berbeda-beda, tergantung dengan orang yang memasak nya, ada orang yang membuat sup miso hanya dengan menggunakan katsuobushi, namun ada juga orang yangmembuat kaldu dengan menggunakan saba bushi yang dicampur dengan berbagai macam sumber kaldu, dan juga bumbu masak produksi pabrik. Biasanya, miso yang digunakan untuk satu mangkok sup  sebanyak 15 gram, akan tetapi sema ini juga tergantung pada selera orang orang. Perbandingan antara sup dan kadar garam biasanya sekitar 99 : 1.

Mau coba buat sup miso sederhana? SeNo akan memberikan satu resep membuat sup miso sederhana:

pertama tama siapkan bahan bahannya terlebih dahulu, bahan bahannya terdiri dari:
  • 4 sendok makan miso (biasanya disupermarket dijual dalam bentuk sasetan).
  • 1 buah tahu putih yang besar lalu dipotong seperti dadu.
  • 1 liter kaldu ayam.
  • 2 batang daun bawang, diiris halus halus.
 cara membuatnya:

  • Pertama kita didihkan kaldu ayam terlebih dahulu.
  • Lalu masukkan miso sebanyak 4 sendok.
  • Lalu aduk semuanya hingga rata.
  • Kemudian masukkan tahu dan aduk hingga rata.
  • Masak sampai matang.
  • jika sudah terlihat mendidih,  angkat sup lalu sajikan kedalam sebuah mangkok.
  • Terakhir taburi sup dengan daun bawang.
  • Sup miso pun siap untuk disantap.

Berikut adalah beberapa foto Miso Shiru:
















 Semoga info ini bermanfaat untuk semuanya ^^



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -