Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Monday, December 17, 2012

Onigiri adalah sebuah makanan dari Jepang yang berupa nasi kepal. Onigiri bisa dibuat dalam berbagai bentuk seperti bentuk segitiga/kotak/bulat dan berbagai bentuk lainnya, tapi biasanya onigiri berbentuk segitiga. Dulunya Onigiri cuman sebuah nasi yang dekepal lalu ditambah dengan garam sebagai penambah rasa, tapi sekarang sudah banyak sekali jenis jenis onigiri yang ada contohnya onigiri yang ditambahkan dengan nori (rumput laut kering yang berbentuk lembaran). 

Sejarahnya onigiri pertama kali dibuat pada tahun 1987 tepatnya pada jaman Yayoi (zaman dalam pembagian periode sejarah Jepang pada abad ke-8 sebelum Masehi sampai abad ke-3 Masehi). 
Dahulu kalangan wanita di istana kaisar  menyebut Onigiri dengan nama lain Omusubi. 

Biasanya Onigiri dibuat untuk bekal makan siang dan juga untuk bekal untuk piknik, biasanya juga onigiri dibuat untuk dimasukan kedalam bento (nasi kotak). Tidak seperti makanan Jepang lainnya yang cara makannya meggunakan sumpit, Onigiri dimakan dengan menggunakan tangan.

Se-No akan memberikan bagaimana cara membuat Onigiri sederhana, berikut adalah caranya:

1. Pertama tama siapkan bahan bahannya terlebih dahulu
    Bahan bahannya adalah:
  • Nasi
  • Nori
  • Isi untuk Onigiri tersebut (bisa diisi dengan daging sapi/ayam/ikan, buah palm dan juga bisa diisi bahan bahan lainnya)
  • Garam
  • Air
2.  Kedua kita basahi tangan kita dahulu dgn sedikit air agar nasi tidak menempel ditangan kita.
3.  Lalu kita ambil segenggam nasi laku kita kepal kepal sedikit.
4.  Setelah itu kita masukkkan/kita letakkan isi untuk onigiri tersebut dibagian tengah onigirinya, setelah itu kita kepal agar isian onigiri tersebut bisa berada didalam onigiri nya.
5.  Lalu kita kepal onigiri tersebut hingga berbentuk seperti yang kita inginkan (biasanya dibentuk segitiga, tapi onigiri tidak wajib berbentuk segitiga jadi kita bebas membuat onigiri dalam bentuk apapun), dan juga tidak lupa kita berikan sedikit garam dinasinya pada saat mengepal nasinya (garam digunakan untuk memberikan sedikit rasa asin pada onigiri tersebut. Garam bisa diganti dengan lada/penyedap rasa lainnya).
6.  Setelah itu, kita bungkus onigiri tersebut dengan nori. Kita boleh membungkus seluru onigiri tersebut dengan nori dan boleh juga hanya memberikan sedikit nori dibagian bawah onigiri tersebut, tergantung selera teman teman.
7.  Setalah itu Onigiri siap untuk dihidangkan :)

Saran dari Se-No,  jika ingin membuat onigiri sebaiknya menggunakan beras/nasi jenis Japonica, karena beras dengan jenis tersebut lebih mudah merekat dari pada jenis jenis nasi lainnya.

Banyak jenis onigiri, seperti onigiri tanpa nori, onigiri pedas, dan masih banyak lagi jenis onigiri yang ada. Kita bisa menciptakan berbagai jenis onigiri sesuai dengan rasa dan bentuk yang kita inginkan. Di Indonesia sudah banyak rumah makan atau kedai kedai yang menjual onigiri, biasanya harga 1 onigiri berkisar dari 5000 - 10.000 rupiah, tergantung jenis dan isi dari onigiri tersebut. 

berikut adalah beberapa foto onigiri yang Se-No miliki:





Semoga info ini bermanfaat :)


{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. thank u for sharing., I like nori... heheee...padahal lulm pernah nyoba... tapi kayaknya asyik n perlu dicoba. :)

    ReplyDelete
  2. Mohon izin untuk digunakan sebagai referensi tugas ya ;)

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -