Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Sunday, June 10, 2012

Harajuku........ pasti teman teman pernah mendengar kata harajuku, mngkin jika kita mendengar kata harajuku, kita langsung teringat akan suatu daerah, pakaiian dan style unik dari negara sakura. Tapi apakah kalian tau harajuku sebenarnya itu apa?Nama tempat kah?nama model rambut dan pakain kah? atau hanya sebuah istilah style dari negara Jepang saja? Kita akan bahas hal itu sekarang.

Harajuku adalah sebutan populer untuk sebuah kawasan yang terletak di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat favorit anak anak muda untuk berkumpul. Lokasinya sangat strategis, disekitar Harajuku terletak sebuah kuil yang bernama Kuil Meiji (Merupakan Kuil Shinto yang didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shōken), ada juga Taman Yoyogi, lalu pusat perbelanjaan Takeshita-dori, department store Laforet, dan juga ada Gimnasium Nasional Yoyogi (sebuah gedung yang terkenal diTokyo dan biasa digunakan untuk pertandingan basket). Harajuku bukan lah sebutan resmi untuk nama sebuah tempat dan juga bukan untuk dicantumkan sewaktu menulis alamat. Sebutan "Harajuku" biasanya hanya digunakan untuk kawasan bagian utara Omotesando ( jalan panjang yang disekitarnya banyak skali kafe dan butik  kelas atas dan sangat populer bagi orang dalam maupun luar Jepang). Ada juga daerah lain yang disebut Harajuku, daerah itu adalah Onden. Onden adalah nama kawasan bagian utara Omotesando.

Pada tahun 1980-an, Harajuku menjadi tempat berkembangnya subkultur Takenoko-zoku (yaitu kelompok anak muda berpakaian aneh dikawasan Harajuku). Sampai saat ini, Takenoko-zoku bisa kita jumpai di kawasan Harajuku. Selain itu, anak-anak sekolah dari berbagaidaerah di Jepang sering memenjadikan Harajuku sebagai tujuan study tour mereka saat mereka datang ke Tokyo.

Sejarahnya, sebelum zaman Edo, Harajuku merupakan salah satu kota penginapan bagi orang yang bepergian melalui Jalan Utama Kamakura. Tokugawa Ieyasu (seorang daimyo dan shogun di Jepang)  menghadiahkan kekuasaan atas daerah Harajuku kepada seorang ninja dari Provinsi Iga (kalau dianime sering ada clan ninja iga, nah ga beda jauh sama ini) yang membantunya melarikan diri dari Sakai setelah terjadi Insiden Honnōji (sebuah insiden berdarah di mana Oda Nobunaga, daimyo Owari, yang dikenal sebagai peletak dasar persatuan Jepang pada Zaman Sengoku, dikudeta oleh bawahan kepercayaanya, yaitu Akechi Mitsuhide).

Pada zaman Edo, kelompok ninja Iga mendirikan markas di Harajuku untuk melindungi kota Edo karena letaknya yang strategis dan menjadi daerah yang diperebutkan banyak klompok, tempat tersebut berada di bagian selatan Jalan Utama Koshu. Selain ninja, samurai kelas Bakushin juga memilih Harajuku untuk dijadikan tempat tinggalnya. Para petani menanam padi di daerah tepi Sungai Shibuya, dan menggunakan kincir air untuk menggiling padi dan juga membuat tepung.

Pada zaman Meiji, Harajuku dibangun menjadi sebuah kawasan penting yang dapat menghubungkan kota Tokyo dengan wilayah sekelilingnya. Pada tahun 1906, Stasiun JR Harajuku dibuka sebagai bagian dari perluasan jalur kereta api Yamanote. Setelah itu, Omotesando dibangun pada tahun 1919 setelah Kuil Meiji didirikan pada tahun 1915.

Ditahun 1970 banyak pertokoan pertokoan yang dibangun lalu beberapa saat setelah itu Harajuku pun akhirnya menjadi pusat busana. Kawasan ini menjadi terkenal di seluruh Jepang setelah diliput majalah fesyen seperti oleh majalah Anan dan majalah non-no. Pada saat itu, kelompok gadis-gadis yang disebut Annon-zoku (istilah bagi perempuan yang bergaya unik didaerah Harajuku, Tokyo) sering dijumpai berjalan-jalan di kawasan Harajuku. Gaya busana mereka meniru busana yang dikenakan model majalah Anan dan non-no saat itu.

Pada tahun 1980, Jalan Takeshita menjadi sangat ramai karena orang orang penasaran dan ingin sekali melihat Takenoko-zoku yang berdandan unik dan menari nari di jalanan Harajuku. Akhirnya Harajuku pun menjadi kawasan khusus untuk pejalan kaki dan menjadi tempat favorit anak-anak muda untuk berkumpu. Harajuku pun akhirnya menjadi tempat yang ramai, banyak butik yang menjual barang dari merek-merek terkenal mulai bermunculan di Omotesando sekitar tahun 1990-an.
Biasanya Harajuku berhubungan dengan  gothic lolita, visual kei, dunia rock, hip hop, dan punk.

ada beberapa jenis harajuku, yang pertama adalah gaya Harajuku Ganguro, Harajuku Ganguro yang dibaca gan gan kuroi  yang ber artikan wajah hitam merupakan gaya atau harajuku style yang menggelapkan kulit dengan bedak berwarna gelap atau pun gaya bagi yang berkulit gelap lalu mengubah rambutnya menjadi pirang. Gaya hidup penganut style ganguro biasanya pergi bersama menikmati klub malam yang menampilkan musik bergendre eurobeat, hip-hop, dan musik reggae. 

Yang kedua ada Harajuku Ura-Hara. Style Ura-Hara adalah jenis harajku yang kurang begitu mencolok dalam berpenampilan, karena gaya yang satu ini terlihat lebih simpel (biasanya menggunaka jaket dan jeans + headset atau dengan masker dan tambahan lainnya) Ura-Hara biasanya cenderung berhubungan hobi mereka pada musik hip hop dan graffti, biasanya penganut gaya Ura-Hara lebih didominasi oleh kaum pria.

yang ketiga ada jenis Cosplay. Harajuku Cosplay biasanya menggunakan kostum kostum yang menirukan anime atau manga atau juga band band yang mereka sukai.

yang keempat ada Harajuku Girl. Harajuku Girl merupakan sebutan dari media masa luar jepang yang menyebut anak anak perempuan yang berpenampilan unik yang sering berkumpul didaerah Harajuku. Harajuku Girl biasanya berhubungan dengan penampilan cyber punk dan juga gothic lolita.

Dan yang kelima ada Harajuku V-Kei. Gaya yang satu ini biasanya berpenampilan dengan baju yang gelap, ada juga yang mengenakan baju motif kotak, dengan aksesoris rantai, baju/celana dengan banyak seleting dan tambahan tambahan lainnya.

Mungkin masih banyak lagi jenis jenis harajuku yang ada disana. Apakah teman teman tertarik dengan Harajuku Style? ingin mencoba berkreasi dengan gaya harajuku?. Jika ingin mencobanya, pilihlah gaya yang memang benar benar cocok dengan kita, karena pilihan yang tepat akan menghasilkan gaya yang sesuai pula dengan apa yang kita inginkan.

berikut adalah beberapa foto Harajuku Style yang Se-No miliki:









Semoga infonya bermanfaat buat semua ^^


{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -