Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Tuesday, October 9, 2012

Kali ini saya akan membahas tentang etika dan aturan menulis diinternet.

Kita semua pasti mengenal blog, wordpress dan banyak lagi yang lainnya. Blog dan wordpress biasanya digunakan untuk membuat sebuah artikel atau postingan yang kita inginkan. Kita bisa menulis apa saja pada blog ataupun wordpress yang kita miliki, akan tetapi kita tidak bisa seenaknya saja dalam membuat sebuah artikel atau postingan diblog/worpress kita, karena ada etika dan atruan dalam membuat artikel atau postingan diInternet.

Berikut adalah beberapa etika dan aturan membuat postingan/artikel  diinternet yang saya ketahui:

1. Dilarang  Membuat Artikel yang Mengandung SARA dan Tidak Menyingung orang lain
    Kenapa kita tidak boleh membuat artikel yang mengandung SARA? Jika kita membuat sebuah artikel atau postingan yang mengandung SARA, mungkin secara tidak langsung kita akan menyinggung perasan orang lain, dan hal ini dapat menyebabkan sebuah masalah yang besar, 
contohnya: kita membuat artikel yang membahas tentang adat A, terus ada orang dari adat A itu membaca artikel/postingan kita, lalu dia merasa tersinggung dengan artikel/postingan kita. Secara tidak langsung kan bisa saja orang dari adat A itu tersinggung trus marah kekita lalu memboikot blog/wordpress kita karena sudah menyinggung orang itu. 
Dan juga jika kita membuat sebuah artikel yang bersifat seperti kompline/komentar/hal hal yang sedikit meniynggung seseorang/sebuah produk, sebaiknya kita menyamarkan nama orang atau produk tersebut dengan sebuah inisial yang kita buat sendiri.
      Masih banyak cotoh contoh yang terjadi jika kita membuat artikel yang mengandung SARA, intinya sih jangan membuat artikel yang mengandung SARA Tidak menyingung orang lain.



2. Apapun  yang Kita Buat dalam Artikel Harus Sudah Terbukti Kebenarannya
      Kita dilarang keras membuat sebuah artikel yang belum terbukti kebenarannya, kenapa demikian? Seandainya artikel yang kita buat hanyalah sebuah hoax, berarti kita sudah menyebarkan sebuah kebohongan yang dapat merugikan orang lain, dan juga kita sudah berbohong kepada orang orang yang sudah membaca artikel kita. Ingat, bohong itu dosa, jadi sebelummembuat artikel, kita sudah harus tau kebenaran dari artikel tersebut.



3. Dilarang Membuat Artikel atau Postingan yang Tidak Baik Untuk Moral Anak Bangsa
    Kenapa kita tidak boleh membuat postingan tersebut? jawabannya mudah kok, karena negara memang melarang kita membuat postingan seperti itu dan juga sudah ada undang undangnnya yang melarang kita membuat artikel/postingan seperti itu, lagian juga buat yang kaya gitu dosa mendingan ga usah.



4. Dilarang Copy Paste Artikel Orang Lain Tanpa Menambahkan Sumber Pada Artikel yang Dibuat
      Kita pasti ga mau kan kalau apa yang sudah susah payah kita buat tiba tiba diakuin oleh orang lain? nah prinsipnya sama kaya gitu. Jadi, seandainya kalian ingin meng Copy Paste artikel orang lain kedalam blog kalian, sertakan juga blog yang artikelnya kalian Copy Paste. Akan tetapi lebih baik membuat artikel dari hasil penelitian kita sendiri, soalnya dengan begitu kita sudah pasti mengetahui kebenaran dari artikel yang kita buat.



5. Gunakan Bahasa yang Baik, Benar dan Mudah diMengerti
       Dalam membuat sebuah artikel memang diharuskan menggunakan bahasa yang baik, benar dan juga mudah dimengerti, coba kita bayangkan jika didalam sebuah artikel tulisannya seperti ini semua "k1T4 Zeb4igny4h m3nggun4k4n 1nt3rn3t d3ng4n B4iKzz" pasti susah bgt dibacanya kan? hahahaha. oleh sebab itulah kita diharuskan menggunakan bahasa yang baik, benar dan mudah dimengerti.


 
6. Jangan Malu untuk Mengucapkan Maaf dan Trikamasih
          Jika kita pernah salah dalam membuat artikel baik dalam segi tulisan ataupun hal yang kita bahas, sebaiknya kita meminta maaf kepada para pembaca dan juga ada baikna kita juga mengucapkan terimakasih kepada para pembaca yang sudah membaca artikel yang kita buat.





Manfaatkanlah internet dengan baik dan benar, jika kita manfaatkan dengan baik maka hal itu juga akan bermanfaat untuk kita.

Semoga info ini bermanfaat ^_^

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. Terimkasih Gan infonya
    ini yang sedang saya cari-cari

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih gan informasi artikelnya :)
    http://goo.gl/bfAW98

    ReplyDelete
  3. Thanks broh informasi artikelnya :)
    http://goo.gl/YmsY8b

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -