Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Thursday, January 9, 2014




     Mungkn temen temen yang suka/nonton anime Outbreak Company pernah dan tau apa itu hikikomori, sebenarnya apa itu hikikomori? apakah itu bunuh diri dalam bahasa Jepang? (itu harakiri -_-").
         Jadi Hikikomori ini adalah salah satu fenomena sosial yang belakangan ini sering terjadi kepada remaja remaja di Jepang, jika hikikomori diartikan kedalam bahasa Indonesia menjadi mengurung diri/menarik diri dari dunia luar. Nah jadi intinya adalah hikikomori adalah orang yang menarik dirinya dari dunia luar dan hanya mengurung dirinya. Menurut seorang psikiater Tamaki Saito, hikikomori adalah "Sebuah keadaan yang menjadi masalah pada usia 20-an akhir, berupa mengurung diri sendiri di dalam rumah sendiri dan tidak ikut serta di dalam masyarakat selama enam bulan atau lebih, tetapi perilaku tersebut tampaknya tidak berasal dari masalah psikologis lainnya sebagai sumber utama. Kebanyakan yang menjadi seorang hikikomori adalah laki laki, menurut survei dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, sekitar 1,2% penduduk Jepang pernah mengalami hikikomori, 2.4% di antara penduduk berusia 20 tahun pernah merasakan menjadi seorang hikikomor. Menurut survey dari NHK, penduduk Jepang yang menjadi seorang hikikomori ada sebanyak 1,6 juta orang. Fenomena hikikomori ini mulai menarik perhatian media sejak tahun 1999-2000, hal ini disebabkan karena banyaknya orang orang yang mengalami atau menjadi seorang hikikomori. Biasanya seorang hikikomori berusia 13 - 29 tahunan.
         Banyak penyebab atau alasan seseorang sehingga seseorang menjadi hikikomori, bisa karena kecewa gagal ujian masuk universitas, bisa karena patah hati karena ditolak orang yang kalian suka dan masih banyak lagi alasan lainnya. Sebagai contoh adalah pada salah satu karakter dari anime Outbreak Company, Kanou Shinichi menjadi seorang hikikomori karena dia ditolak oleh teman masa kecilnya, setelah  kejadian itu dia jadi sering bolos sekolah dikarenakan dia jadi sering dihina dan dan malu karena kejadian tersebut. Karena dia sering bolos dan rasa malu yang masih ada dia jadi merasa canggung untuk bertemu dengan teman temmannya lagi, setiap ada temannya yang mendekat dia hanya bisa menghindar dan bersembunyi. Dan akhirnya dia mencari tempat dimana dia tidak akan melihat orang lain lagi yaitu dikamarnya sendiri, sejak saat itu dia tidak pernah keluar dari kamar dan menjadi seorang hikikomori.

           Menurut penelitian ada beberapa ciri seseorang sudah mejadi seorang hikikomori, yaitu:
  1. menghabiskan sebagian besar waktu nya dalam satu hari dan hampir setiap hari tanpa meninggalkan rumah
  2. secara jelas dan keras hati menghindar dari situasi sosial
  3. pergi  lari dari hal hal yang mengganggu rutinitas normal orang tersebut, fungsi pekerjaan (atau akademik), atau kegiatan sosial, atau hubungan antar pribadi
  4. merasa penarikan dirinya itu sebagai suatuhal yang berhubungan atau singkron dengan ego nya
  5. biasanya terjadi sampai 6 bulan

           Banyak kerugian dari menjadi seorang hikikomori, diantaranya:
  1. Tidak memiliki teman.
  2. Menjadi seorang pengangguran.
  3. Menjadi seorang pemalas.
  4. Merepotkan keluarga (karena sebagian besar hikokomori masih menggantungkan keuangan mereka dari keluarga mereka, jadi mereka bisa memesan makanan dari uang yang diberikan oleh orang tua mereka).
  5. Memiliki tubuh yang kurang sehat karena tidak pernah terkena sinar matahari, menghirup udara diluar ruangan/rumah dan kurang olahraga selama 6 bulan lebih.
  6. dan lain lain XD

      Memang banyak sekali kerugian menjadi seorang hikikomori, akan tetapi jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, kita bisa membuat atau menghasilkan suatu hal yang baik dan bermanfaat. Sebagai contohnya adalah dengan kita berdiam diri saja didalam kamar selama 6 bulan itu, kita bisa membuat sesuatu seperti novel/cerpen/animasi/komik atau juga kita bisa membuat sebuah game yang keren sehingga 6 bulan yang kita jalani itu tidak terbuang sia sia. 

          Saran SeNo kalau kita bisa melakukan hal yang baik maka kita lakukanlah hal tersebut dengan usaha kita yang ter baik, jangan pernah mau kalah dengan keputus asaan/kemalasan dan situasi buruk yang ada :))




         Semoga bermanfaat :D

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. Replies
    1. sedikit mirip tapi berbeda. menurut yang saya baca (mohon maaf jika salah) kalau introvert itu kepribadian/karakter seseorang,jadi semua orang memiliki karakter introvert dan lawannya ekstrovert.
      sedangkan hikikomori itu sebuah penyakit pskilogis/pelarian dari masalah/tekanan hidup yang mereka hadapi. sebagai contoh seperti yang dialami Kanou Shinichi pada artikel diatas :)

      Delete
    2. berarti hikikomori = anti sosial??
      apakah ada yang tau teori apa/ siapa yg mendukung tentang hikikomori??

      Delete
  2. bagus sekali , sangat bermanfaat..
    boleh minta daftar pustakanya? link atau dari buku apa ? tolong kirim ke email transad23@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -