Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Wednesday, May 30, 2012

Sushi adalah makanan khas dari Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk/neta berupa makanan laut (nori/daging ikan/telur ikan/telur kepiting/), daging (daging sapi/ayam/ikan/kepiting), telur dan juga sayuran yang masih mentah ataupun yang sudah dimasak. Nasi yang digunakan untuk  sushi mempunyai rasa yang masam danlembut karena telah dibumbui dengan campuran cuka beras, garam, dan gula. Asal-usul nama sushi berasal dari kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Awalnya, sushi ditulis dengan huruf kanji( 鮓 ) merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan yang disebut dengan gyoshō (魚醤), gyoshō kegiatan membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi(koji) atau ampas sake(kasu). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 sudah dimulai sejak zaman Edo periode pertengahan, hal merupakan cara penulisan yang menggunakan cara ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).


Sejarahnya kebiasaan mengawetkan ikan dengan menggunakan cuka dan beras berasal dari daerah pegunungan di Asia Tenggara. Nigirizushi (Makanan laut segar (biasanya dalam keadaan mentah) diletakkan di atas nasi yang dibentuk dengan menaruh nasi di telapak tangan yang satu dan membentuknya dengan jari-jari tangan yang lain) dikenal di Jepang sejak zaman Edo. Sebelum zaman Edo, sebagian besar sushi yang dikenal di Jepang adalah jenis oshizushi (sushi yang dibentuk dengan cara ditekan-tekan di dalam wadah kayu persegi/sama dengan onigiri).

Pada zaman Edo periode akhir,Jepang mulai mengenal bentuk awal dari nigirizushi. Akan tetapi ukuran dari porsi nigirizushi dikurangi agar lebih mudah dinikmati. Ahli sushi bernama Hanaya Yohei menciptakan sushi jenis baru yang sekarang disebut edomaezushi, namun sekarang sushi buatannya besar besar seperti nasi kepal/onigiri.Pada zaman itu, Jepang belum memiliki alat pendingin ikan yang baik, sehingga mereka harus segera mengolah ikan tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakan ikan itu menjadi sushi, hal itu dilakukan agar kesegaran dari daging ikan tersebut masih tetap terasa saat dijadikan sushi nanti/

Hingga tahun 1970-an sushi masih merupakan makanan mewah. Rakyat biasa di Jepang hanya makan sushi untuk merayakan acara-acara khusus, dan terbatas pada sushi pesan-antar. Rumah makan kaitenzushi yang pertama didirikan berada diOsaka pada tahun 1958, rumah makan tersebut membutuhkan watku lama untuk membuat orang orang mengetahui rumah makan mereka.

Pada tahun 1980 Kaitenzushi berhasil membuat sushi menjadi makanan keluarga, Keberhasilan kaitenzushi mendorong perusahaan makanan lainnya untuk memperkenalkan berbagai macam bumbu sushi instan yang memudahkan semua orang membuat sushi di rumah. chirashizushi atau temakizushi dapat dibuat dengan bumbu instan dengan ditambah nasi, makanan laut, tamagoyaki (telur dadar) dan nori (rumput laut yang dikeringkan).

ada banyak sekali jenis jenis sushi, berikut adalah beberapa jenis sushi:


1. Nigirizushi

Nigirizushi merpakan shusi yang menggunakan makanan laut segar (pada umumnya mentah) dan diletakkan di atas nasi yang dibentuk dengan menaruh nasi di telapak tangan yang satu dan membentuknya dengan jari-jari tangan yang lain.

2.Makizushi
 Makizushi merupakan sushi dengan gulungan nasi berisi potongan mentimun, tamagoyaki dan neta lain yang dibungkus lembaran nori. Nasi digulung dengan bantuan sudare (anyaman bambu bentuk persegi panjang).

 3.  Chirashizushi

Chirashizushi merupakan nasi sushi yang dimakan bersama neta dan merupakan makanan laut dan sayur-sayuran yang dipotong kecil-kecil. Nasi sushi tidak dibentuk melainkan diisikan ke dalam wadah dari kayu, piring atau mangkuk. Chirashizushi merupakan salah satu masakan rumah yang populer di Jepang untuk memperingati hari-hari istimewa seperti ulang tahun anak-anak dan perayaan Hina Matsuri (hari anak perempuan).

4.  Inarizushi


Inarizushi merupakan nasi sushi dibungkus aburage ( bahan makanan Jepang berupa lembaran tahu berbentuk tipis yang digoreng dengan minyak goreng sehingga berwarna kuning keemasan) yang sebelumnya sudah dimasak bersama kecap asin dan gula. Inarizushi tidak berisi ikan atau lauk lain karena aburage sudah merupakan sumber protein. Inarizushi berasal dari kuil Toyokawa Inari di kota Toyokawa, Prefektur Aichi.

Sekarang saya akan memberikan info bagai mana caranya membuat sushi yang sangat sederhana, Berikut caranya:

Bahan bahan:

  • nasi pulen secukupnya.
  • telur dadar dibuat tipis untuk lapisan luar.
  • Neta secukupnya dan sesuai selera (boleh udang/bakso ikan/daging ikan/nugget ikan)
  • 1 buah wortel dan timun (dipotong korek api)
  • 3 lembar nori untuk dicampurkan dengan nasi.
Cara membuat:
  • ambil nasi segenggaman tangan lalu dicampurkan dengan nori yang sudah dihancurkan
  • setelah nori dan nasi tercampur dengan rata, letakam dan ratakan nasi  pada telur dadar yang sudah disediakan.
  • masukan potongan wortel, timun dan juga neta yang sudah disediakan.
  • gulung bahan bahan tadi menggunakan tangan, lebih baik lagi jika menggunakan penggulung sushi
  • setelah itu sajikan sushi diatas piring
  • sushi pun siap untuk dimakan.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Arigatou ^^

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -