Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Saturday, June 9, 2012

Kita semua pasti sudah tidakasing lagi dengan kata k-pop, kalo kita mendengar kata tersebut pasti kita langsung teringat dengan Super Junior/SNSD/2PM/B2ST dan masih banyak lagi yang lainnya.

K-Pop adalah singkatan dari Korean pop. Korean pop adalah jenis musik yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan grup musik Korea yang sangat sukses dinegaranya dan juga sudah ada yang go internasional (Super Junior, SNSD, BigBang,2PM,2NE1 dan masih banyak lagi lainnya). Karena wabah musik K-Pop sudah menyebar hingga keberbagai negara, maka munculah istilah Korean Wave (demam korea) di berbagai negara.

Sejarahnya, musik k-pop pertama kali muncul pada tahun 1930-an yang diarenakan masuknya musik pop Jepang/J-Pop ke Korea. Alasan lain musik Korea/K-Pop tidak dapat berkembang adalah karena penjajahan negara Jepang atas Korea dan akhirnya Korea hanyabisa mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu. Tahun 1950-an dan 1960-an, Musik pop dari negara barat pun mulai masuk, hal ini dikarenakan dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan. Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi beberapa genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre "oldies" yang dipengaruhi musik barat dan populer di era 60-an. Yang kedua musik rock diperkenalkan dengan pionirnya yaitu Cho Yong-pil pada tahun 1970-an. Ada juga gendre yang cukup digemari pada saat itu, yaitu musik Trot(Genre musik ini disebut trot karena memiliki tempo 2/4 dan 3/4 yang diambil dari musik fox trot untuk pengiring dansa ballroom) yang dipengaruhi oleh gaya musik enka(salah satu genre musik Jepang berupa balada bernada sentimental yang secara unik mengekspresikan luapan perasaan orang Jepang). 

Seo Taiji and Boys merupakan grup musik korea pertama yang menandakan awal mula musik pop moderen di Korea yang memberi warna baru dengan aliran musik rap, rock, techno Amerika (tahun 1992). Suksesnya grup Seo Taiji and Boys diikuti grup musik lain seperti Panic,Deux dan grup musik lainnya. Pada tahun 1990-an musik Korea cenderung mengandung aliran dance dan hip hip. Pada saat itu, teen idol sangat digemari masyarakat jepang. Beberapa teen idol yang digilai saat itu adalah CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, dan g.o.d. Penampilan mereka pada saat itu belum begitu terlihat menggunakan Korean style, tapi cenderung masih terlihat seperti Japanese style. Sebagian besar kelompo0k musik ini bubar dikarenakan personil personilnya ingin bersolo karier.

Pada tahun 2000-an pendatang-pendatang baru yang berbakat pun mulai bermunculan. Aliran musik R&B dan Hip-Hop yang berkiblat kepada negara Barat mencetak artis-artis terkenal seperti MC Mong(seorang musisi hip-hop Korea Selatan yang dikenal disposisi komik dan lagu-lagu cerianya.), Rain( seorang penyanyi, aktor, model dan perancang busana sekaligus pengusaha busana merek Six to Five, dia juga dikenal sebagai penyanyi yang pandai menari), Big Bang(boy band popular asal Korea Selatan yang dibentuk oleh CEO Yang Hyun Seok dari YG Entertainment pada tahun 2006) yang cukup sukses didalam Korea maupun diluar Korea. Beberapa artis underground seperti Drunken Tiger, Tasha (Yoon Mi-rae) juga memopulerkan warna musik kulit hitam tersebut. 

Musik rock masih tetap digemari di Korea, musik techno memberi nuansa moderen yang tidak hanya disukai di Korea saja, penyanyi Lee Jung-hyun(penyanyi dan artis asal Korea) dan Kim Hyun-joong(seorang artis dan penyanyi skaligus leader dari SS501) bahkan mendapat pengakuan di Cina dan Jepang. Musik balada masih tetap memiliki pendengar setia dan masih menjadi gendre favorit di Korea. Musik balada Korea umumnya dikenal dengan lirik sedih tentang percintaan(jaman sekarang namanya galau), seperti yang dibawakan oleh Baek Ji Young, SG Wannabe, dan masih banyak lagi yang lainnya. Musik balada umumnya digemari karena sering dijadikan soundtrack drama-drama televisi terkenal seperti Winter Sonata, Sorry I Love You, Stairway to Heaven danmasih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini banyak muncul boy band dan girl band Korea yang memiliki  paket lengkap didalamnya (penampilan yang menarik, suara yang bagus dan memiliki kemampuan dance yang hebat). K-Pop sekarang pun menyajikan gendre yang lebih banyak jenisnya, dan juga ada musisi korea yang menyatukan lebih dari 2 gendre dalam 1 lagu, seperti CN Blue (rock,rap,jazz/blues dan pop) dan masih banyak lagi musisi lainnya. Banyak juga musisi musisi Korea yang sudah sangat dikenal dan juga sangat sukses diluar Korea, seperti BoA, Super Junior, SNSD, Rain dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa foto dari Band/Boy Band/Girl Band/Penyanyi Solo yang sukses didalam dan luar Korea: (Gambar : Super Junior, SS501, MBLQ, BoA, Big Bang, SNSD, B2ST, 2NE1, 2PM, Rain dan Miss A)











 

Semoga info ini bermanfaat untuk semuanya ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -