Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Wednesday, June 20, 2012

Sapporo Yuki Matsuri atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan festival salju sapporo adalah sebuah festival salju terbesar diJepang yang diadakan dikota Sapporo, Hokkaido (Hokkaido memiliki banyak tempat ski yang asik, jadi kalo temen temen mau main ski atau belajar main ski jangan lupa mampir ke Hokkaido). Festival ini biasanya diadakan selama seminggu pada awal bulan Februari. Setiap tahunnya kurang lebih sekitar  dua juta orang wisatawan dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke Sapporo selama festival berlangsung.

Sejak tahun 2006, Sapporo Yuki Matsuri sudah pernah diadakan di tiga lokasi: Taman Odori, Susukino, dan Sapporo Satoland. Di Taman Odori dipamerkan banyak ukiran es dan salju dengan ukuran yang sangat besar, termasuk pahatan es berbentuk miniatur bangunan terkenal seperti Tokyo Tower dan Kuil Meiji. Pameran ukiran es yang lebih kecil biasanya diadakan di Susukino sedangkan acara untuk keluarga diadakan di Sapporo Satoland.



Sejarahnya, Festival salju Sapporo pertama kali diselengarakan pada  tahun 1950 oleh dinas pariwisata Sapporo dan pemerintah kota Sapporo, dengan sponsor surat kabar lokal Hokkai Times. Kota Sapporo sebenarnya pernah mengadakan banyak festival salju, tapi dari sekian banyak festival yang diadakan banyak yang terhenti dikarenakan Perang Dunia II.

Ide untuk membuat patung salju pertama kali diambil dari sebuah festival salju yang diadakan pada tahun 1935 yang diadakan oleh murid-murid sebuah SD di kota Otaru. Festival yang pertama dilaksanakan hanya bermodalkan 6 buah patung salju buatan siswa SMP dan SMU kota Sapporo, ditambah festival salju di depan stasiun Hokkaido yang diadakan Japanese National Railways (sekarang menjadi JR). Festival ini dimeriahkan dengan acara, yaitu : kontesvkontes yang menarik, senam, macam macam perlombaan, tari, dan pemutaran film.


Pertama kali festival ini diadakan, tinggi patung yang dibuat masih dibatasi hingga setinggi 7 meter. pada tahun 1953 di festival ke-4 , tinggi patung yang dibuat sudah tidak dibatasi lagi dan pada akhirnya ada sekumpulan siswa sekolah menengah kejuruan dari kota Hokkaido yang membangun ukiran es setinggi 15 meter. Salju yang mereka butuhkan untuk membentuk banguna itu sangat banyak sampai sampai memerlukan bantuan truk dan buldoser dari pemerintah kota Hokkaido. Sejak saat itu, pemerintah kota Hokkaido selalu meminjamkan alat-alat berat sehingga para pengunjung bisa membangun ukiran es dan salju berskala besar.


Pada tahun 1954 yang merupakan festival ke-5,  patung patung sumbangan dari warga sekitar atau pun pembuat patung es mulai dipamerkan difestival ini. Pada festival yang ke-6 pada tahun 1955  ditandai dengan makin banyaknya peserta yang datang. Bangunan dalam berbagai bentuk yang dibuat pasukan bela diri Jepang, perusahaan swasta, pemerintah kota, dan berbagai sponsor mulai ditata rapi.


Sejak festival ke-10 pada tahun 1959, banyak wisatawan dari luar Hokkaido  yang datang untuk melihat Sapporo yuki matsuri. Festival yang diadakan pada tahun 1972  dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan olimpiade musim dingin (ajang olahraga musim dingin antar bangsa yang diadakan setiap empat tahun sekali) pada tahun 1972 dan ikut diperkenalkan di luar negeri. Sejak saat itu, festival ini mulai dijadikan tujuan oleh para wisatawan asing. Sejak tahun 1974, festival ini dimeriahkan dengan lomba lomba internasional dalam bidang seni pahat es dan salju yang diikuti oleh banyak seniman pahat dari berbagai kota besar di dunia.


Lokasi pameran patung es di Susukino berasal dari acara lokal yang diadakan pertama kali tahun pada tahun 1981, dan baru menjadi bagian dari Sapporo yuki matsuri pada tahun 1983. Dari festival ke-41 tahun 1990 sampai festival ke-42 pada tahun 1992, Sapporo yuki matsuri pernah diadakan di 4 lokasi, akan tetapi lokasi ke-4 ditutup dikarenakan sedikitnya jumlah pengunjung dan ukiran salju yang dipamerkan disana.

berikut adalah foto foto kegiatan dan patung/ukiran dari es dan salju yang keren dan unik yang dilakukan di Sapporo Yuki Matsuri:










Semoga info ini bermanfaat untuk semua ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -