Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Friday, April 6, 2012

Mungkin kita sudah sering mendengar kata EarthHour, dan mungkin juga sebaigan dari kita sudah mengerti dan menjalankan kegiatan tersebut. Tapi apakah kalian tau apakah yang dimaksud dengan Earth Hour?

Earth Hour dalam bahasa indonesia berartikan Jam Bumi, Earth Hour adalah kegiatan global yang diadakan oleh WWF(World Wide Fund for Nature) yang meminta orang orang untuk mematikan lampu ataupun peralatan listrik yang tidak digunkan selama 1jam untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan global waming. Awalnya  Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald pada tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidakdigunakan.Setelah itu, banyak negara-negara yang mengikuti kegiatan EarthHour tersebut karena mereka sadar akan global warming yang terjadi.

kegiatan ini juga menuai beberapa kritik dari beberapa orang, berikut beberapa kritik yang dikutip oleh Wikipedia:

  • Christian Science Monitor mengatakan bahwa banyak lilin terbuat dari parafin, sebuah hidrokarbon berat yang diolah dari minyak bumi, suatu bahan bakar fosil, dan bergantung pada banyaknya lilin yang dinyalakan satu orang (bila menggunakan lilin ketika Earth our), benar atau tidak mereka biasanya menggunakan lampu fluorescent compact, dan sumber energi apa yang digunakan untuk memberikan listrik bagi mereka, dalam beberapa hal, menggantikan bola lampu dengan lilin akan menyebabkan peningkatan, daripada penurunan emisi karbon dioksida. 
  • Sebuah perayaan alternatif "Human Achievement Hour" dipromosikan oleh think tank liberal Competitive Enterprise Institute untuk merayakan kemajuan atas kemakmuran manusia. Partisipan perayaan ini diminta untuk "merayakan penapaian kemanusiaan seperti makan malam, menyaksikan film, berkendara, menyalakan penghangat di rumah".
  • Ayn Rand Institute menulis, "Orang-orang menghabiskan enam puluh menit dalam kegelapan, aman dalam arti bahwa keuntungan dari lingkungan industri hanya beda satu saklar saja. Lupakan satu jam dengan padamkan lampu. Bagaimana dengan Earth Month. Coba habiskan satu bulan dalam kegelapan tanpa penghangat, listrik, kulkas; tanpa pembangkit listrik atau generator; tanpa produk pembantu, hemat waktu, dan penyelamat yang menjadi mungkin bila ada energi listrik."
  • Meskipun mendukung Earth Hour, "Carbon Sense Coalition" menginginkan agar Earth Hour berganti nama menjadi "Blackout Night," dan diadakan di hari terpendek dan terdingin pada satu tahun"... untuk mempersiapkan penduduk dunia untuk hari-hari gelap mendatang".
  • Bjorn Lomborg, pengarang The Skeptical Environmentalist, menulis, "Sudah seharusnya menjadikan tenaga surya dan teknologi baru lainnya lebih murah dari bahan bakar fosil secara cepat sehingga kita dapat mengurangi sumber energi karbon lebih banyak daripada satu jam dan membuat planet ini terus beraktivitas... Bahan bakar fosil memberikan kita pencerahan, dengan menerangi dunia kita dan memberikan kita perlindungan dari berbagai masalah. Sangat ironis bahwa simbolisme murni hari ini harus dikembalikan ke era kegelapan."
  • Pada 29 Maret, satu hari setelah Earth Hour 2009, harian Dân Trí menerbitkan artikel mengenai dampak lain dari Earth Hour. Dikhawatirkan bahwa banyak pemuda memilih untuk berkendara keliling kota yang dipadamkan untuk bersenang-senang, menghabiskan bahan bakar dibandingkan listrik dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang panjang.
  • Selama Earth Hour 2010 di kota Uusikaupunki, Finlandia, seorang pengendara motor wanita berusia 17 tahun menabrak seorang pria berusia 71 tahun yang sedang berjalan di jalanan ketimbang di trotoar atas alasan yang tidak diketahui. Pria tersebut meninggal sementara pengendara sepeda motor dan penumpangnya tidak apa-apa. Pada waktu itu, lampu jalanan dipadamkan sebagai bagian dari Earth Hour. Polisi menyatakan bahwa ketiadaan penerangan jalan turut ambil bagian dalam kecelakaan ini, sementara walikota mengatakan penerangan jalan terlalu remang untuk mencegah kecelakaan tersebut.
  • Jeremy Clarkson, pembawa acara program Top Gear di BBC, mengaku bahwa ia menyalakan semua peralatan listrik di rumahnya sebagai protes terhadap dampak semu Earth Hour dengan mengklaim bahwa kegiatan ini tidak memberi dampak apapun terhadap perubahan iklim.

Meskipun mendapatkan banyak keritik dari banyak pihak, EarthHour tetap dilaksanakan setiap tahunnya.
Banyak sekali manfaat dari kegiatan EarthHour ini, manfaat manfaatnya sebagai berikut:
  1. Menghemat Biaya
    Ini memang salah satu manfaat yang sangat terlihat dari kegiatan tersebut, dengan mematikan lampu dan barang barang elektronik yang sedang tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghemat biaya listrik bulanan yang kita bayar dan juga dapat menghemat minyak bumi,batu bara dan lainnya.
  2. Dapat Mengurangi Percepatan Global Warming
    Manusia tidak bisa lepas dari lisrik, karena listrik sangat memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Akan tetapi semakin meningkatnya listrik yang kita gunakan, maka membutuhkan bahan baku yang lebih banyak seperti minyak bumi dan batubara. Saat proses pembuatan dari bahan mentah tersebut menjadi listrik pasti akan buangan atau asap yang dapat mencemari udara dan juga dapat merusak lapisan ozon disekitarnya, asap asap tersebut dapat mengandung karbon dioksida, metana, nirogen oksidan ataupun gas-gas lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada ozon.


    Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi kita, salahsatunya dengan cara EarthHour. Bumi kita sudah tidak muda lagi, kita harus selalu menjaga bumi kita, karena jika bukan kita siapa lagi?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -