Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Wednesday, May 16, 2012

Kura-kura adalah hewan bersisik dan berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Hewan ini sangat mudah dikenali karena keunikannya, yaitu selalu membawa tempurung atau bisa juga dibilang rumah kura - kura tersebut. Tempurung tersebut terbagi menjadi 2 bagian  Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah yang menutupi perut disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.



 Kura-kura hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. kura kura dapat bertahan baik di air tawar maupun di lautan. Kura-kura ada yang bersifat pemakan tumbuhan, pemakan daging atau pemakan segala. Kura kura tidak memiliki gigi, akan tetapi tulang dimoncongnya sangat keras sehingga sanggup memotong apa saja dan dapat menangkap mangsa dengan sangat kuat. Besar kura kura sangat beragam, biasanya besar kura kura diukur dari besar tempurungnya.

Kura kura berkembang biak dengan cara bertelur, kura kura dapat mengeluarkan sebanyak lebih dari 100 buah telur setiap kali mereka bertelur. Telur tersebut dipendam didalam galian pasir yang mereka buat hingga kurang lebih selama dua bulan atau lebih  (telur kura kura menetas antara 50-70 hari). Telur tersebut nantinya akan menetas dibantu oleh sinar matahari. Jenis kelamin anak kura-kura yang akan lahir biasanya ditentukan oleh suhu pasir tempat telur-telur itu terpendam. Biasanya jenis kura-kura, suhu di atas rata-rata kebiasaan akan menghasilkan hewan betina. Dan sebaliknya, suhu di bawah rata-rata cenderung menghasilkan banyak hewan jantan.


Kura-kura merupakan hewan yang akrab dengan manusia dan juga memiliki ceritanya tersendiri. Salah satunya adalah pada mitologi Hindu menyebutkan bahwa bumi ini disangga oleh empat ekor kura-kura. Demikian pula, kisah kuno Adiparwa menceritakan bahwa kura-kura raksasa berperan penting menyangga gunung, yang diputar dan digunakan untuk mengaduk lautan, dalam mencari tirta amerta (air kehidupan).

Sekarang populasi kura kura dan teman teman sejenisnya sudah mulai terancam, hal ini disebabkan oleh perburuan orang orang yang tidak bertanggung jawab dan juga karena habitatnya yang sudah tidak mereka huni lagi.

Banyak keunikan dari binatang Kura - kura, berikut adalah beberapa keunikan kura kura yang saya ketahui:

1. Kura kura tidak memiliki telinga, akan tetapi kura kura dapat mendengar/merasakan melalui glombang getara.

2. Beberapa spesies kura kura dapat hidup lebih dari 100 tahun.

3. Tempurung kura kura memiliki corak dan warna yang sangat eksotis.

4. Didalam tempurungnya terdapat pembuluh darah,meskipun kita hanya menyentuh tempurungnya, kura kura tersebut tetap dapat merasakan sentuhan kita.

5. kura kura memiliki tempurung yang kuat, sehingga dapat melinfunginya dari serangan mangsa mangsanya.

Jadi jagalah ekosistem kura kura yang masih ada sekarang, karena kalu bukan kita siapa lg ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -