Postingan Terbaru :

1. Yatterman dahulu danYatterman (Yoru no Yatterman) sekarang

2. Game dengan RPG Maker VX Ace.

3. Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang.

4. Teru Teru Bozu adalah....

Posted by : Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua Wednesday, May 16, 2012

Tidur adalah keadaan istirahat yang dilakukan oleh semua makhluk hidup untuk mengembalikan energi yang telah digunakan selama seharian penuh. Dalam keadaan tidur biasanya fungsi saraf motorik dan saraf sensorik akan dihentian sementara, sehingga pada saat kita tertidur badan kita tidak bergerak terlalu banyak dan juga tidak berfikir dengan keras.

Bisa dibilang hampir semua makhluk hidup tertidur, namun beberapa orang mengatakan kalau ikan tidak tidur. Hal itu disebabkan karena tertidur dengan mata terbuka jadi membuat beberapa orang berpendapat bahwa ikan tidak tidur, mengapa hal itu terjadi? Hal itu terjadi karena ikan tidak memiliki klopak mata seperti manusia. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya untuk tidur. Tidur tidak hanya disebabkan karena kita kelelahan, tidur juga bisa dibebabkan karena pola hidup, kebiasaan dan situasi.

Banyak sekali manfaat jika kita tidur, apa lagi jika kita memiliki waktu tidur yang cukup.
Berikut adalah manfaat manfaat dari Tidur

1. Produksi hormon untuk pertumbuhan menjadi lancar
2. Regnerasi sel yang rusak dapat menjadi baru lagi pada saat kita tidur
3. Memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat 

4. Mengembalikan energi kita yang sudah digunakan seharian penuh
5. Dapat mengurangi hormon stresyang ada
6. Bisa membuat kulit lebih cerah (untuk teman teman yang ingin memiliki kulit yang cerah, pastikan kalian cukup tidur)
7. Dapat mendukung kecerdasan anak
8. Dapat meningkatkan konsentrasi belajar
9. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit
10. Mata terlihat cerah karena tidak ada lipatan ataupun lingkaran hitam disekitar mata
11. Tubuh Dapat banyak memproduksi nutrien yang bermanfaat untuk membuat rambut berkilau dan sehat.

Tubuh kita akan mendapatkan banyak manfaat jika kita tidur dengan cukup. Jika kita tidak tidur dengancukup/kurang tidur, maka kita pun akan mendapatkan banyak kerugian. Berikut adalah kerugian jika kita mengalami kurang Tidur

1. Dapat Menyebabkan Obesitas: 
 Obesitas adalah hal yang sangat ditakutkan oleh pria dan wanita yang sangat mengutamakan penampilan. Dalam sebuah study pernah dikatakan, orang yang mengalami kekurangan tidur akan banyak menerima hormon yang mempengaruhi nafsu makan dan akan kekurangan hormon yang dapat menekan nafsu makan. Jadi, untuk teman teman yang mengutamakan penampilan/takut mengalami obesitas sebaiknya harus memiliki jam tidur yang cukup (8-9 jam).



2. Konsentrasi dan Daya Ingat Menurun:
Kurang tidur dapat menyebabkan kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini dapat membuat kita sulit untuk menerima pelajaran. Lalu, tidur pada malam hari dapat “menguatkan” memori dalam pikiran. Jika kita tidak cukup tidur, maka ingatan kita pun akan terganggu dan kita akan sulit untuk mengingat apa saja yang sudah kita pelajari.


3. Beresiko Menyebabkan Kanker, Hipertensi, Anemia dan Penyakit Lainnya:
 Kenapa kurang tidur dapat menyebabkan/menimbulkan penyakit penyakit yang berbahaya?hal ini disebabkan karena organ organ penting ditubuh tidak mendapatkan waktu untuk istirahat dengan cukup. Jika badan kita tidak dapat beristirahat, kita tidak akan memiliki cukup energi untuk berolahraga. Berolahraga dapat meningkatkan kemampuan fisik dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, jika kita tidak berolahraga, kekebalan tubuh kita pun akan berkurang dan tubuh kita akan mudah terserang penyakit.


4. Stress:
Orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama lebih dari 3 hari berturut turut dapat  menyebabkan stres,mudah marah, gelisah, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan gejala depresi.  


5. Tidak Baik Untuk Kecantikan: 
Kenapa kurang tidur tidak baik untuk kecantikan? Hal ini terjadi dikarenakan tubuh kita melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh kita sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan, hormon tersebut berfungsi untuk membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. Jika kita kurang tidur, kulit kita akan terlihat pucat, memiliki kantung mata, dan juga akan muncul lingkaran hitam disekitar mata kta. oleh sebab itu, bagi teman teman yang sangat mengindahkan penampilan, senaiknya teman teman harus memiliki jam tidur yang cukup agar kejadian seperti yang disebutkan tidak terjadi.

6. Menyebabkan Kematian: 
Kenapa kurang tidur dapat menyebabkan kematian? Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yang tadi sudah saya sebutkan. Jika kita kurang tidur, konsentrasi kita pun akan berkurang dan akan sangat membahayak kita saat menjalani aktifitas. Misalnya pada saat berkendara, jika kita tidak berkonsentrasi kita akan mengalami kecelakaan dan mungkin saja dapat menyebabkan kematian.



Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus memanfaatkan waktu yang ada untuk tidur. Meskipun banyak kegiatan yang harus kita lakukan, kita juga tetap harus memiliki jam tidur yang cukup. Karena jika tidur cukup kita akan mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh kita, akan tetapi jika kita kekurangan tidur kita juga akan banyak menerima kerugian untuk tubuh kita.



Terimakasih Sudah Berkunjung ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Duniaku Duniamu Dunia Kita Semua - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -